Wednesday, December 17, 2008

Juve tenggelemakan Milan


Juventus memantapkan posisinya di peringkat kedua Serie A setelah menggilas salah satu rival terberatnya, AC Milan, dengan skor 4-2 di Stadion Olimpico, Turin, Minggu (14/12).

Kemenangan ini membuat Juventus tetap di peringkat kedua dan menempel Inter Milan dengan perbedaan enam poin. Sementara Milan tertahan di peringkat keempat dengan nilai 30, namun kalah selisih gol dari Napoli yang berada setingkat di atasnya.

Keunggulan Juve ditentukan oleh striker asal Brasil, Amauri, yang menyumbang dua gol. Secara keseluruhan, Juve mampu memanfaatkan kelambanan gerak punggawa veteran Milan di lini belakang untuk menciptakan serangkaian peluang dan gol.

Sejak awal, pertahanan Milan senantiasa terancam. Namun permainan keras juga tak bisa dihindari karena licinnya lapangan akibat hujan deras yang mewarnai pertandingan legendaris, berkat kehadiran kapten Paolo Maldini dan kapten Alessandro Del Piero, ini.

Juve membuka keunggulan pada menit ke-16 saat wasit menunjuk titik putih setelah kapten Alessandro Del Piero dilanggar bek Marek Jankulowski. Del Piero sendiri kemudian mengeksekusi tendangan penalti dengan baik.

Namun setelah dua peluang Milan melalui Massimo Ambrosini dan Andrea Pirlo terbuang, kedudukan imbang 1-1 akhirnya tercipta melalui sontekan Alexandre Pato yang meneruskan umpan jitu rekan sesama Brasil, Ronaldinho, pada menit ke-31.

Tapi Juve langsung berbalik unggul kembali hanya dalam waktu tiga menit ketika sepak pojok Del Piero disambut tandukan bek tengah Giorgio Chiellini yang tak mampu dicegah kiper Cristian Abbiati.

Dan sesaat menjelang turun minum, Amauri menambah berat beban Milan ketika umpan silang Paolo De Ceglie dari sisi kiri berhasil ditanduknya untuk kedudukan 3-1. De Ceglie sendiri masuk ke lapangan pada menit ke-30 untuk menggantikan Pavel Nedved yang cedera.

Seusai istirahat, Milan berusaha bangkit dengan memainkan striker Andriy Shevchenko dengan menarik keluar gelandang Emerson. Alhasil, Milan bisa memperkecil ketinggalan lewat gol tendangan jarak jauh Ambrosini pada menit ke-46.

Namun usaha Milan untuk menyamakan kedudukan menemui jalan terjal akibat harus bermain dengan 10 pemain setelah bek kanan Gianluca Zambrotta diusir wasit karena mengganjal De Ceglie dengan keras di pinggir kotak penalti.

Tak heran, justru Juve yang akhirnya bisa memperbesar keunggulan menjadi 4-2 setelah umpan Momo Sissoko disambar Amauri dengan tendangan kaki kiri. Bahkan pasukan Claudio Ranieri harusnya bisa menang lebih banyak jika tendangan Del Piero tidak membentur mistar dan sepakan Vincenzo Iaquinta dari jarak dekat tidak melebar.


Susunan pemain
Juventus: Manninger; Grygera, Mellberg, Chiellini, Molinaro; Marchionni, Sissoko, Marchisio, Nedved (De Ceglie 30); Amauri (Iaquinta 87), Del Piero

Milan: Abbiati; Zambrotta, Maldini, Kaladze, Jankulovski; Emerson (Shevchenko 46), Pirlo, Ambrosini (Antonini 74); Seedorf, Ronaldinho; Pato (Inzaghi 76)

No comments: